Home » icadts2007 » Cegah Kartel Obat Kementerian Kesehatan Gandeng KPPU

Cegah Kartel Obat Kementerian Kesehatan Gandeng KPPU

Cegah Kartel Obat Kementerian Kesehatan Gandeng KPPU -Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengendus praktik usaha tidak sehat dalam industri farmasi nasional. Karena pertumbuhan yang tinggi dari bisnis farmasi tidak dibarengi dengan kemudahan akses publik terhadap obat murah.

Untuk itu, Komisi menandatangani nota kesepahaman tentang pencegahan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di bidang farmamsi dengan Departemen Kesehatan. “Kami mendorong industri obat yang kompetitif tapi menghindari praktik persaingan yang tidak sehat,” kata Ketua Komisi Rauf Syarkawi di Kementerian Kesehatan, Jumat (10/2).

Menurut catatan KKPU, mencatat omzet industri farmasi di Indonesia pada tahun 2015, sekitar 56 triliun. Sementara pertumbuhan industri diperkirakan akan mencapai 11 persen per tahun. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan penduduk.

Kapitalisasi industri, sebuah perusahaan farmasi nasional pangsa pasar 70 persen dan 30 persen. Syarkawi mencontohkan salah satu praktik bisnis yang tidak adil yang dilakukan dalam industri farmasi untuk penentuan jenis obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien. Sementara itu, obat dengan resep menyumbang 59 persen dan OTC atau obat generik sebesar 41 persen dari pasar secara keseluruhan. idn play Terpuji prakteknya menurut Syarkawi berkurang sejak penerbitan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 98 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Obat Informasi Harga eceran. “Jadi pasien berhak mendapatkan pilihan dan informasi tentang harga ketika mereka ingin menebus obat yang diresepkan oleh dokter,” katanya.

Peraturan tersebut menyatakan bahwa pemberian informasi tentang tujuan harga eceran obat maksimum memastikan keterjangkauan obat dan upaya untuk memenuhi akuntabilitas dan transparansi kepada publik. Berkat peraturan, apoteker dapat memberikan konten alternatif yang aman. “Itu adalah kemajuan luar biasa karena biasanya dokter yang tepat referensi,” katanya. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan hampir semua sektor industri kesehatan termasuk industri farmasi, perawatan kesehatan, pemenuhan fasilitas pelayanan kesehatan dan pembiayaan perawatan kesehatan rentan terhadap praktek monopoli palsu. Selain itu, penelitian panjang dan mahal yang tidak kurang berpotensi mengakibatkan perang harga. “Obat ini perlu penelitian yang tidak mudah karena menyangkut keselamatan manusia. Lakukan penelitian untuk menjadi aman. Tentu industri untuk membuat sebuah kompetisi di harga,” kata Nila.

Di sisi lain, Nila juga mengharapkan industri farmasi di negara sedikit demi sedikit dapat melakukan bahan baku obat substitusi impor. Selama ini, 90 persen bahan obat baku yang diimpor dari luar negeri. Melalui penerbitan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2016 tentang percepatan pembangunan industri farmasi dan peralatan medis, Nila berharap bahan baku obat dapat diproduksi sepenuhnya negara mereka sendiri. “Dengan itu kita terbuka reglasi investasi bahan baku obat adalah 100 persen buatan Indonesia. Kimia Farma telah mampu melakukannya sebenarnya,” katanya.

termasuk salah satu favorit di bidang jurusan ilmu atau Saintek. Melewati Farmasi kelas biasanya bersaing dengan IPA jurusan top lainnya seperti kedokteran, Teknologi Informasi / Ilmu Komputer dan departemen listrik.

Salah satu alasan untuk Departemen Farmasi sangat menarik, memiliki peluang kerja yang cukup besar, serta profesi apoteker yang bisa dibanggakan.

Dalam persiapan untuk teman-teman saya yang ingin mengambil kursus ini, Duniailkom menyajikan ulasan singkat dari Departemen Farmasi. Kita akan membahas awal pemahaman Farmasi, mata pelajaran yang akan dipelajari, pilihan perguruan tinggi terbaik, dan kesempatan kerja dari Farmasi sarjana.

Memahami Departemen Farmasi
Farmasi merupakan sebuah departemen yang mempelajari segala sesuatu tentang obat-obatan. idnplay Mulai dari bahan kimia yang ada di dalamnya, proses pembuatan obat, proses kemasan obat, fungsi dan penggunaan obat-obatan, bagaimana distribusi dan pengelolaan stok obat. Singkatnya, segala sesuatu tentang obat